Selasa, 10 Juli 2012

Artikel seputar photography

CARA PEMOTERATAN YANGBAIK AGAR RIDAK TERJADI BAYANGAN PADA OBJEKyang pertama kita harus melihat seberapa besar kuatnya cahaya dalam sebuah gedung ya klu pada saat pemotretan kita berada di dalam gedung (in door) atur komposisi pencahayaan dengan baik usahakanjagan terlalu memakai  ISO/ASA yang terlalu berlibihan karena akan menimbulkan noise pada hasil jepretan kita. Biasanya saya menggunakan ISO/ASA mkasimal 600 naikan F sebnyak 1-2 stop arahkan cahaya blits external  ke arah atas... jangan sejajarkan lampu blitz exsternal dengan mata objek karena kemungkinan terjadi red eyes ada.....

JENIS FOTO PERNIKAHAN
era photography perkawinan yang sangat formal dimna semua foto merupakan hasil setting, telah berlalau. Pada masa kini, perkawinana adalah sebuahperayaan kegebiraan, sebuah pesta. Orang ingin menikmati hari bahagianya yang sekali seumur hidup itu dengan sedikit mungkin formalitas yang sedikit membelenggu.mereka ingin foto yang lebih realistik dan pengantin tampak nyaman saat di foto. 

Pasangan pengantin dimasa kini mengiginkan foto mereka yang lebih natural, rileks dan spontan walu ini agak sulitditerpkan pada upacara pernikahan tradisional yang sarat adat.

Karena Fotography bukan lagi sekedar dokumentasi, kini ada tiga macam pemotretannya :

1.  Jurnalis
     foto jurnalis adalah rekaman gambar yang bisa mengeluarkan sebuah cerita seceralengkap tentang sesuatu, alias mengandung jawaban atas 6 hal yang dikenal dengan istilah 5W + 1H (What, Who, Why, When, Where and How)
fotography perkawinan dengan gaya jurnalistik merekam sebuahacara perkawinan dengan alur criteria yang jelas dan mengalir. layaknya esai foto di media massa photography perkawinanjenis ini memamng seakan pemberitaan yang dipersembahkan kepada piha "pembaca"

2.  Candid
     photography perkawinan tipe Candid adalah upaya merekam sebuah acara perkawinan secara apa adanya, tanpa mengatur kepada pihak yang terpotret. suasana dibiarkan menagalir sesuai dengan mood yang terjadi saat acara itu berlangsung. 

3.  Portrait
     Secara umum, photography portrait adalah tentang manusia, dominan pada expresi wajah atau profesinya. 

IDE PHOTO WEDDING
Saat ini foto pre wedding  merupakan bagian yang tak terlupakan dari sebuah pernikahan. Foto pre wedding bukan hanya sekedar pajangan saja namun juga akan menjadi suatu kenangan tersendiri bagi Anda dan pasangan.
Tentunya Anda ingin membuat foto yang menjadi kenangan ini berbeda dari yang lain. Ada beberapa ide dan inspirasi yang mungkin bisa Anda jadikan acuan dalam memilih konsep dan tema foto pre wedding:

foto pre wedding
Gaya Klasik dan Jadul
Ini bisa jadi tema yang membuat Anda dan pasangan Anda tersenyum jika mengenangnya. Tema ini bisa diangkat dari saat pertemuan atau perkenalan pertama Anda. Misalnya ketemu saat SMP atau SMA.
Kesukaan atau Hobi
Anda memiliki hobi yang sama, ini juga bisa jadi cerita foto pre wedding yang seru. Misalnya hobi bersepeda, travelling, atau hobi main music.
Pekerjaan atau Profesi
Ide yang bagus, jika Anda ingin mengambik konsep tentang profesi Anda, misalnya fotografer dengan gaya sambil memegang kamera dan berada di studio, arsitek dengan foto latar belakang gedung yang anda arsiteki, atau guru dengan gaya berfoto lagi mengajar di kelas.
Restoran Favorit Anda dan Pasangan
Ini juga merupakan ide yang bisa tepat untuk Anda. Apalagi di dukung dengan suasana restoran yang berlatar belakang hijau dan alam, tentunya menjadi kenangan manis yang tak terlupakan.
Mungkin masih banyak ide foto pre wedding  lainnya, Namun segini aja dulu dari saya, kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan dan sharing disini ya.(wk)

Tips & Etika Memotret Acara Pernikahan

Pernikahan merupakan acara yang sakral. Selain melibatkan acara keagamaan yang dianut oleh pasangan pengantin, masyarakat Indonesia juga menjunjung tinggi adat istiadat
Berbagai pihak terlibat dihari bahagia tersebut. Penyedia jasa (vendor) bekerja keras “menyulap” sebuah tempat pesta sesuai tema / keinginan pemesan. Fotografer diantaranya, mendapat peran merekam semua kebahagiaan & keindahan yang tercipta dihari itu. Intinya semua berusaha menampilkan yang terbaik untuk terciptanya sebuah acara yang berkesan
Kadangkala keindahan tersebut rusak karena ulah penyedia jasa yang mementingkan ego-nya. Tidak sadar bahwa selama berlangsungnya acara, kesakralan tidak boleh terusik. Elemen yang berada dalam ruang pesta harus tetap enak dipandang mata. Oleh karena itu diperlukan pengertian semua pihak untuk menjaganya.
Apa yang harus dilakukan oleh seorang fotografer pernikahan ?
  • Hadir pada technical meeting / rapat panitia. Sampaikan daftar yang diperlukan untuk foto. Misal : ruangan untuk foto studio, daya listrik, letak stop kontak, dll. Koordinasi yang baik antar penyedia jasa akan menjadikan semua serba teratur. Tidak ada kabel bersliweran didepan pelaminan misalnya.
  • Memahami susunan acara & hadir sesuai jadwal. Cadangkan waktu untuk mempersiapkan diri & peralatan. Jika lokasi acara tidak kita kenal, lakukan survey sebelumnya. Pada hari H semua orang sibuk dengan urusan masing-masing, jangan menambah beban mereka.
  • Berpakaian yang sopan & wajar. Terutama pada acara pernikahan tradisional, sebaiknya tidak memakai sandal, poloshirt / tshirt serta jeans “belel”. Keluarga pengantin tidak peduli merek sandal yang anda gunakan. Crocs sekalipun, tidak layak berada diruang pesta.
  • Makan sebelum kerja. Ingat… kita datang untuk bekerja
  • Pahami aturan yang berlaku dilokasi acara. Misal : adab masuk mesjid, larangan menaiki altar gereja, kewajiban memakai pakaian adat, dll
  • Tidak mengganggu personil lain yang bertugas. Misal : menghalangi pandangan pemandu acara.
  • Ingatkan calon pengantin untuk melakukan hal-hal yang akan membuat hasil foto menjadi lebih baik. Misal : banyak tersenyum, jangan terlalu sering menunduk, badan harus tegap, waktu berdoa angkat kedua tangan tinggi-tinggi, dsb. Sampaikan hal-hal tersebut sebelum acara atau beberapa hari sebelumnya, bukan pada saat acara berlangsung karena akan mengganggu konsentrasi / merusak kekhidmatan prosesi
  • Pada acara siraman calon pengantin wanita, seringkali keluarga hanya memperbolehkan wanita dan keluarga dekat yang hadir pada acara tersebut. Tugaskan fotografer wanita untuk keperluan tersebut
  • Lensa super lebar seringkali menghasilkan efek yang dramatis. Namun bila digunakan pada saat yang tidak tepat akan mengganggu. Gunakanlah lensa super lebar dengan bijaksana.
  • Gunakan peralatan sewajarnya. Perhatikan apakah estetika ruangan akan terganggu oleh alat fotografi yang digunakan. Pengantin membayar mahal untuk dekorasi ruangan. Payung & softbox seringkali menghalangi pandangan tamu kearah panggung / pelaminan. Disinilah seorang fotografer diuji, tidak tergantung pada 1 jenis alat saja.
  • Jangan terlalu banyak mengatur, serahkan jalannya acara kepada pembawa acara
  • Tampil low profile menyatu dengan acara, sehingga kehadiran fotografer tidak membuat canggung / merusak suasana. Jangan terlalu sering lalu-lalang dengan alasan mengejar momen. Tempatkan beberapa fotografer pada lokasi yang strategis untuk mendapatkan semua sudut pemotretan
  • Apabila ada petugas video / fotografer lain dilokasi acara, pintar-pintarlah mengatur “kesepakatan”. Misal agar tidak mengambil posisi saling berhadapan yang mengakibatkan kita ikut terekam (“in frame”)
  • Tepati janji kapan hasil foto akan diserahkan
Yang terakhir, fotografer profesional tidak pernah menunjukkan hasil fotonya yang gagal ke klien. Selalu tunjukkan hasil foto terbaik & simpan foto-foto yang jelek sebagai bahan introspeksi.
Semoga kita menjadi orang-orang yang lebih baik…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar